Latihan soal menyatakan "adalah" dan "bukanlah"
Kosakata bab ini
Pada soal-soal di bab ini, kita akan berlatih konjugasi keadaan benda yang baru saja dipelajari. Tapi sebelumnya, kamu mungkin ingin mempelajari atau mengulas nomina-nomina berguna berikut yang akan dipakai di soal-soalnya.
Kanji
Untuk kemudahanmu, saya telah mendaftar kanji-kanji yang digunakan pada kosakata bab ini. Pranalanya akan membawa kamu ke diagram urutan guratannya. Namun, arah guratannya tidak ditunjukkan dengan jelas (walaupun kamu bisa menebak dari animasinya) jadi ceklah kamus atau sumber lain kalau kamu tidak yakin. Saya menyarankan berlatih kanji dalam konteks penggunaan nyatanya (contohnya pada penggunaannya untuk kosakata bab ini).
Untuk kemudahanmu, saya telah mendaftar kanji-kanji yang digunakan pada kosakata bab ini. Pranalanya akan membawa kamu ke diagram urutan guratannya. Namun, arah guratannya tidak ditunjukkan dengan jelas (walaupun kamu bisa menebak dari animasinya) jadi ceklah kamus atau sumber lain kalau kamu tidak yakin. Saya menyarankan berlatih kanji dalam konteks penggunaan nyatanya (contohnya pada penggunaannya untuk kosakata bab ini).
Kosakata
Inilah daftar kata-kata yang mungkin dipakai di soal-soalnya.
Inilah daftar kata-kata yang mungkin dipakai di soal-soalnya.
- うん - kata santai untuk "iya" (ya, he eh)
- ううん - kata santai untuk "tidak" atau "bukan" (nggak)
- これ - ini
- それ - itu
- あれ - itu yang jauh di sana
- こう - seperti ini
- そう - seperti itu
- 人 【ひと】 - orang
- 大人 【おとな】 - orang dewasa
- 子供 【こども】 - anak/anak kecil
- 友達 【ともだち】 - teman
- 車 【くるま】 - mobil
- 学生 【がくせい】 - murid
- 先生 【せんせい】 - guru
- 学校 【がっこう】 - sekolah
- 小学校 【しょうがっこう】 - SD
- 中学校 【ちゅうがっこう】 - SLTP/SMP
- 高校 【こうこう】 - SMA/SMU
- 大学 【だいがく】 - universitas
Latihan konjugasi 1
Kita sekarang akan berlatih konjugasi keadaan benda secara berurutan. Ambil tiap nomina dan konjugasikan ke bentuk berikut: deklaratif, negatif, lampau, lalu negatif lampau.
Contoh: 人 = 人だ、人じゃない、人だった、人じゃなかった
1. これ
|
||
deklaratif
|
=
|
|
negatif
|
=
|
|
lampau
|
=
|
|
negatif lampau
|
=
|
|
2. 大人
|
||
deklaratif
|
=
|
|
negatif
|
=
|
|
lampau
|
=
|
|
negatif lampau
|
=
|
|
3. 学校
|
||
deklaratif
|
=
|
|
negatif
|
=
|
|
lampau
|
=
|
|
negatif lampau
|
=
|
|
4. 友達
|
||
deklaratif
|
=
|
|
negatif
|
=
|
|
lampau
|
=
|
|
negatif lampau
|
=
|
|
5. 学生
|
||
deklaratif
|
=
|
|
negatif
|
=
|
|
lampau
|
=
|
|
negatif lampau
|
=
|
Latihan konjugasi 2
Pada latihan kedua ini,
kita akan benar-benar menguji pengetahuan konjugasi dan juga kosakatamu dengan
menerjemahkan beberapa kalimat bahasa Indonesia sederhana. Ingatlah bahwa
walaupun keadaan benda positif taklampau sebetulnya bisa dinyatakan hanya dengan
menyebutkan katanya, untuk latihan ini kita akan selalu membuatnya deklaratif.
Jangan lupa bahwa ini menghasilkan kalimat yang terdengar tegas.
Contoh: Adalah murid. = 学生だ。
1. Adalah universitas.
|
=
|
|
2. Bukan SMU.
|
=
|
|
3. Dulunya guru.
|
=
|
|
4. Adalah orang dewasa.
|
=
|
|
5. Waktu itu bukan anak kecil.
|
=
|
|
6. Waktu itu seperti ini.
|
=
|
|
7. Dulu bukan itu (yang jauh di
sana).
|
=
|
|
8. Bukan SMP.
|
=
|
|
9. Adalah teman.
|
=
|
|
10. Waktu itu bukan mobil.
|
=
|
|
11. Dulunya ini.
|
=
|
|
12. Bukan seperti itu.
|
=
|
Latihan tanya jawab
Di latihan terakhir ini,
kita akan berlatih menjawab pertanyaan sederhana menggunakan keadaan benda.
Jawaban ya atau tidak (うん atau ううん) akan diberikan dan tugas kamu adalah
melengkapi sisa kalimatnya. Kita juga akan berlatih memerankan laki-laki dan
perempuan dengan baik, sehingga untuk keperluan itu diasumsikan bahwa semua
laki-laki menggunakan deklaratif 「だ」 agar terdengar tegas dan semua perempuan menjauhinya agar
terdengar halus. (kenyataannya tidak semutlak itu)
Contoh:
Q) 学生?
A) ううん、学生じゃない。
Q1) 友達?
|
A1) うん、..... 。 (perempuan)
|
Q2) 学校?
|
A2) ううん、..... 。
|
Q3) それだった?
|
A3) ううん、..... 。
|
Q4) そう? (Apa benar begitu?)
|
A4) うん、..... 。 (laki-laki)
|
Q5) これ?
|
A5) ううん、...... 。(bendanya di luar jangkauan pembicara, tapi tidak terlalu
jauh)
|
Q6) 先生だった?
|
A6) うん、...... 。
|
Q7) 小学校だった?
|
A7) ううん、..... 。
|
Q8) 子供?
|
A8) うん、...... 。 (perempuan)
|
0 komentar :
Posting Komentar